got sound?

| weblog | wishlist | books | snapshots | contact |



Wednesday, August 10, 2005
tentang berbahasa indonesia

ini mungkin, bila saya tidak salah, pertama kalinya saya menulis dengan bahasa indonesia setelah kurang lebih dua tahun. dengan "menulis" tentu yang saya maksud adalah menulis dengan intensi di luar komunikasi personal (maka saya tidak menghitung ratusan email yang telah saya kirim) dan dengan kata-kata yang saya pilih sendiri (maka saya tidak menghitung beberapa artikel yang telah saya terjemahkan). saya ingat dalam salah satu entri yang saya tulis tahun lalu, saya berusaha menjelaskan pilihan saya untuk menggunakan bahasa inggris dalam blog ini, yaitu untuk melatih kemampuan menulis saya dalam berbahasa inggris. ini terutama penting karena saya—sekarang saya sangat sadar dan menerima, walaupun awalnya dengan berat hati—bukanlah orang yang paling terlatih dalam berbahasa. saya tidak pernah mendapatkan nilai yang bagus dalam pelajaran bahasa indonesia, saya butuh waktu yang sangat lama untuk menguasai dan fasih dalam berbahasa inggris (bahkan sekarang pun seringkali grammar saya masih ngaco dan jauh dari sempurna), dan saya mengalami kesulitan yang luar biasa ketika saya memutuskan untuk belajar basic spanish dan french.

lalu mengapa sekarang saya memutuskan untuk mencoba berbahasa indonesia? well, mengapa tidak? saya kira sudah saatnya saya latihan untuk menulis dalam bahasa ibu saya ini. jadi tolong harap maklum kalau gaya menulis saya mungkin terlalu kaku, baku, tidak natural, atau malah sebaliknya. saya janji akan coba untuk lebih rileks pada entri berbahasa indonesia saya yang selanjutnya.

satu hal, diantara sekian, yang mendorong saya untuk mulai melatih lagi kemampuan bahasa indonesia saya adalah hobi saya untuk menonton film. dan belakangan ini saya banyak sekali menonton film-film non-hollywood serta film-film berbahasa asing, yang kemudian membuat saya ingin untuk belajar bahasa ketiga di luar bahasa inggris dan bahasa ibu. tetapi saya putuskan bahwa saya harus memperbaiki dengan baik dua bahasa yang saya telah kuasai terlebih dahulu sebelum belajar bahasa yang lain. jadi anggap saja bahwa tulisan ini adalah langkah awal bagi saya untuk mengapresiasi lebih baik bahasa yang sempat saya gunakan setiap hari pada 17 tahun pertama hidup saya.

entri-entri setelah ini tentu masih akan menggunakan bahasa inggris, lebih karena saya merasa nyaman menggunakannya daripada karena saya enggan berbahasa indonesia, tetapi mungkin saya akan menyelipkan satu dua entri dengan bahasa indonesia ketika saya ingin.

lucu. setelah saya baca ulang entri ini, saya pikir saya berusaha terlalu keras untuk menjustifikasi pilihan bahasa yang saya gunakan. padahal, really, who cares?


# | posted by emil @ 8/10/2005 01:20:00 a.m. |